Perhatian Positif untuk Anak

Penulis: Vera Amanda Sutrisno, S.Psi.
Alumnus Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia

 

Tahukah kamu? Bahwa setiap anak akan berkembang secara optimal di lingkungan yang memberikan dukungan, semangat dan mereka senangi. Lingkungan ini dapat diciptakan salah satunya dengan membangun hubungan yang hangat dan positif dengan anak. 

Jika Mom dan Dad lebih dominan memberikan perhatian positif di pada si kecil, mereka akan merasa aman dan dicintai yang kelak akan menumbuhkan rasa percaya diri dan citra diri yang baik untuk dirinya.

Mari kita simak bentuk perhatian positif untuk anak sebagai berikut!

  1. Memberikan eye contact dengan ekspresi tertarik ketika sedang berinteraksi dengan anak
  2. Memberikan senyuman
  3. Memberikan afeksi fisik berupa elusan, tepukan dan pelukan.
  4. Memberikan semangat kepada anak ketika sedang beraktifitas. 

Seberapa banyak dari Mom dan Dad yang merasa lebih banyak memberikan kritik daripada ‘perhatian positif’ kepada si kecil? Dengan memberikan perhatian positif yang sudah disebutkan akan menutupi masa-masa dimana kamu tidak sengaja membentak atau kurang menghabiskan waktu dengan si kecil. Yuk! Kita timbun perhatian negatif kita dengan yang positif!

 

 

Referensi:

Bai, S., Repetti, R., & Sperling, J. (2016). Children’s expressions of positive emotion are sustained by smiling, touching, and playing with parents and siblings: A naturalistic observational study of family life. Developmental Psychology, 52(1), 88-101. doi: 10.1037/a0039854.

Kalenkoski, C., & Foster, M. (2008). The quality of time spent with children in Australian households. Review of Economics of the Household, 6(3), 243-266. doi: 10.1007/s11150-008-9036-3.

Mullan, K., & Higgins, D. (2014). A safe and supportive family environment for children: Key components and links to child outcomes. Canberra: Australian Government Department of Social Services. Retrieved 22 July 2020 from https://www.dss.gov.au/sites/default/files/documents/08_2014/op52_safe_families_final_accessible_pdf_6_8_14.pdf.

National Scientific Council on the Developing Child (2004). Young children develop in an environment of relationships. Working paper no. 1. Cambridge, MA: Centre on the Developing Child, Harvard University. Retrieved 22 July 2020 from http://developingchild.harvard.edu/resources/wp1/.

 

Raisingchildren.net.au. 09 Desember 2020. “Positive Attention and Your Child”, https://raisingchildren.net.au/toddlers/connecting-communicating/connecting/positive-attention#positive-attention-how-it-adds-up-over-time-nav-title. Diakses pada 3 Agustus 2021.

Back to blog

Leave a comment

Please note, comments need to be approved before they are published.