JUNIORROCKSTAR X BESIDE

article, Beside -

JUNIORROCKSTAR X BESIDE

Beside lahir di pertengahan tahun 1997, di kota Bandung, Indonesia. Beside lahir di tengah-tengah komunitas Bandung Timur yang cukup ternama, “HOMELESS CREW” Ujung Berung.  Beside merupakan sebuah band project ‘iseng’ yang memainkan musik-musik hardcore pada zamannya.  Single pertama Beside “WASTED YOUTH” Tahun 1998 masuk pada kompilasi Independent Rebel produksi AQUARIUS.

Tidak berselang lama, Beside pun bongkar dan ganti personil, sampai akhirnya tahun 2000 – 2003 awal beside vaccum dan meberhentikan semua aktifitas yang berhubungan dengan Beside, sampai akhirnya pertengahan tahun 2003, Beside kembali hadir dengan formasi baru dan nuansa baru, Bebby personil awal yang masih tetap pada saat itu megajak Owang, Hin-hin, Fatah dan Erik untuk meneruskan dan membangkitkan kembali Beside yang pada saat itu vaccum, Formasi ini tidak berlangsung lama, karena Erik sang bassis keluar sebelum sesi Recording, dan Fatah sang gitaris mengundurkan diri pada saat sesi recording album “AGAINTS OURSELVES”. Sehingga sesi recording untuk album tersebut diteruskan oleh Hin-hin yang mengisi semua track gitar,

Akhirnya Beside merekrut gitaris baru dari band HEAVEN FALL yaitu Ichad, untuk mengisi kekosongan posisi gitar yang ditinggalkan oleh Fattah, sampai akhirnya bergonta ganti personel adalah menjadi suatu kebiasaan, bahkan di akhir tahun 2007 beside masih berganti personil.

Untuk menuju ke album pertama, Beside memerlukan waktu selama 10 tahun karena seringnya kita berganti pesonel, Tetapi hal tersebut banyak sisi positifnya bagi Beside sebagai kelompok music. Karena hal itu, Beside bisa banyak bertemu orang-orang baru yang mempunyai selera musik yang beragam dari mulai Inflames, Soilwork, Dragon force, Slayer, Malevolent creations, Kataklysm, dam lainnya. Yang pada akhirnya memberi warna baru bagi musik Beside.

Dengan formasi yang solid saat itu, Owank, Akew, Paneu, Chad, dan Bebby, akhirnya Beside bisa menyelesaikan album pertama dengan title “AGAINST OURSELVES”, yang di rilis di akhir tahun 2007 oleh Parapatan Rebels dalam bentuk cassete & Absolute Records untuk CD-nya.

Pergantian personil terjadi lagi di pertengahan tahun 2011, Posisi gitaris saat itu Chad digantikan oleh Qq Bokir setelah mengikuti sesi audisi yang memakan waktu sangat lama. Tahun 2012 Akew, Paneu, Owank, sepakat berpisah juga dengan Beside. Itulah waktu yang sangat terpuruk bagi Beside saat itu. Tetapi tidak begitu lama semua kekosongan telah terisi dengan player baru, Izall menggantikan posisi Paneu, Jepe (additional gitar) mengganti posisi Akew, Arind dan Rangga (aditional vocal) mengisi kekosongan Owank. Kemudian selang beberapa lama Jepe digantikan oleh Roy Nat Siregar di posisi Gitar.

Tepat tanggal 18 Agustus 2015, BESIDE merelease album terbaru dengan title 'ELEVEN HEROES" yang didedikasikan untuk para pahlawan di tragedy AACC dan para “EXTERMINATOR” yang selalu mendukung setiap pergerakan dan perkembangan Beside. Album ini membuahkan hasil yang sangat memuaskan dengan penilaian yang baik dari semua orang yang mendengarnya, Berkat kerja keras semua personil untuk pembuktian album terbaru ini, akhirnya album ini mendapat penghargaan dalam kategori The Best album tahun 2015 versi majalah Rolling Stones, dan juga masuk pada album 10 band Indonesia terbaik versi majalah METAL HAMMER UK.

Beside sukses mengguncang panggung Wacken Open Air (W:O:A) 2017 di Jerman pada 2 Agustus 2017 lalu.  Beside merupakan band perwakilan Indonesia yang terpilih lewat kompetisi Wacken Metal Battle Indonesia (WMBI) 2017 yang digagas DCDC Dreamworld. Dalam kompetisi musik ekstrem itu, Beside keluar sebagai jawara dengan mengalahkan 238 band metal dari seluruh Indonesia. Kemenangan ini menjadi tiket Beside untuk berlaga di W:O:A 2017, mewakili Indonesia sekaligus sebagai satu-satunya band dari Asia yang berlaga di festival musik akbar tersebut.

Pasca merilis album kedua bertajuk 'Eleven Heroes', Band Metal asal Bandung, Beside kembali dengan karya teranyarnya . Dengan formasi tanpa vokalis, Beside meluncurkan single 'Absolute Insane'. Single ini sekaligus menjadi pintu pembuka album ketiga mereka yang dirilis pada awal 2020 silam. Single 'Absolute Insane' merupakan karya pertama dari proses intensif untuk mencari seseorang yang tepat mengisi vokal. Dengan konsep aransemen yang lebih matang, single ini ditulis seiring penggalian emosi yang dirasakan para personel Beside.

Lagu 'Absolute Insane' bercerita tentang konsep adanya partikel-partikel kecil yang ingin menghancurkan Beside agar tenggelam. Single ini juga menjadi titik awal dari rentetan kejutan yang akan disajikan. Hal ini menggambarkan ambisi Beside dalam bermusik belum berhenti terutama untuk para Exterminator.

 


发表评论

请注意,评论必须在发布之前获得批准

Hi there

Welcome Guest
We typically reply within minutes
James
Hello! James here from Support team,this is sample text. Original text will display as per app dashboard settings