JUNIORROCKSTAR X NTRL

JUNIORROCKSTAR X NTRL

Netral terbentuk secara tidak sengaja saat Bagus satu Sekolah Menengah Atas (SMA) bersama Bimo. Pada awalnya, Netral memainkan musik dari kelompok musik luar negeri seperti NirvanaSex PistolsSonic YouthThe Cure dan lain-lain. Mereka juga tampil dalam acara di sekolah maupun universitas di Jabotabek. Penampilan serta atraksi mereka di panggung cukup menghibur para anak muda pada era itu. Lama-kelamaan mereka bosan hingga akhirnya  mendirikan Netral dengan mengajak Miten pada November 1992.

Pada tahun 1994, Netral mendapatkan produser untuk album perdananya. Di bawah naungan PT. Indosemar Sakti. Netral berhasil menjual lebih dari 80.000 unit kaset dan Compact Disc dari album perdana ini. Hal ini membuat promotor Indonesia dan media asing tertarik untuk mementaskan Netral. Tercatat sebanyak lebih dari 50 pementasan dalam setahun di seluruh Indonesia. Sejak saat itu berita tentang Netral sering memenuhi halaman berbagai media, baik cetak maupun elektronik.

Hampir semua majalah remaja di Indonesia pernah memuat ulasan tentang band Netral, bahkan majalah sekelas Gatra, kepunyaan Bob Hasan, memuat tentang band ini satu halaman penuh. Album kedua Netral berjudul Tidak Enak dirilis pada tanggal 30 Juli 1996 dan konferensi pers di Jazz Rock Café Jakarta dihadiri hampir seluruh rekan pers di Jakarta dan daerah lainnya.

Album kedua ini memang berkesan Tidak Enak, tetapi bila diamati ada keseriusan dan kepedulian dalam musik Netral sehingga menimbulkan suatu daya tarik bagi yang mendengarnya. Dengan lagu Bobo, Boring Day dan Desaku album kedua ini tidak kalah angka komersial dengan album pertama.

Netral semakin dikenal banyak orang sehingga ketika Foo FightersSonic Youth dan Beastie Boys hadir di Indonesia pada acara Jakarta Pop Alternatif Music Festival (1996), Netral ditemani Pas Band dan Nugie diminta untuk menjadi pendamping band mereka. Tercatat lebih dari 50.000 orang menyaksikan pementasan Netral. Tidak hanya sukses di pementasan, tetapi sukses Netral juga diikuti dengan masuknya Netral dalam nominasi BASF Award untuk kategori Pendatang Baru Terbaik dari Group Rock Terbaik.

Pada tanggal 16 Januari 1998, Netral mengeluarkan album ketiga dengan judul Album Minggu Ini dan langsung menggelar tur ke 24 kota di Sumatra-Jawa. Dengan video klip Pucat Pedih Serang buatan Rizal Mantovani, berpengaruh pula pada penjualan album ini. Tembang Kau, Selamat Datang dan Dukun Kebo Ijo mendapat apresiasi pasar. Berbeda dengan album sebelumnya, album ini lebih mudah didengar, sesuai target mereka untuk menyerap pasar yang lebih luas.

Bulan Juni 1998, Bimo menyatakan keluar dari Netral karena mau mencoba warna musik baru. Setelah hengkang dari Netral, Bimo sempat menjadi drummer Dewa 19Ahmad Band, TBK (cikal bakal Juliette) hingga akhirnya menjadi drummer band Romeo. Walaupun berat hati namun akhirnya Netral harus melepas Bimo. Masa-masa tanpa Bimo harus dilewati dengan personel sesi untuk mengisi jadwal pementasan. Atas desakan produser, Netral harus segera mencari pengganti tetap Bimo, maka mereka mengajak Eno masuk sebagai drummer baru Netral sejak 26 Maret 1999.

Bersama Eno, Netral merilis album keempatnya Paten pada 9 Juni 1999. Album ini didukung Ahmad Dhani (personil Dewa 19) dan Deasy Fitri. Tembang berjudul Nurani dipercaya menaikkan angka penjualan album hingga diatas 150.000 unit. Plus materi lagu seperti Babi, 98 dan Pecah Belah, yang mudah dipahami dan dapat mewakili suara anak muda yang selama ini merasa kurang didengar. Suara gitar milik Miten dan gebukan drum khas Eno yang dinamis dianggap menjadikan album ini lebih matang dari album sebelumnya. Setelah merilis album Paten, Miten hengkang dari Netral dengan alasan meneruskan pendidikan di Amerika Serikat. Di negeri Paman Sam, Miten hampir lolos audisi gitaris yang diadakan band rap rock Limp Bizkit yang saat itu kehilangan Wes Borland yang hengkang pada tahun 2001.

Pada tahun 2001, dengan 2 orang personel Netral merilis album kelima yang berjudul Oke Deh dengan singlenya Bertarung. Album ini berisikan lagu-lagu terbaru karya Eno dan Bagus serta dibantu oleh beberapa gitaris tambahan. Apoy (Deni Iskandar) sempat menjadi gitaris tambahan untuk band Netral. Tahun 2002, Netral merilis album kompilasi terbaik berjudul Is The Best/The Best Of Netral dengan hits single Cahaya Bulan dan Warna Biru. Dengan dibantu musisi seperti Deasy Fitri, Taras dan Apoy.

Tahun 2003, Netral mendapat gitaris baru yang menggantikan posisi Miten yaitu Coki (mantan gitaris Base Jam), setelah melalui audisi yang panjang dan beberapa kali ikut sebagai musisi tambahan di beberapa konser musik bersama Netral. Pada tahun yang sama, Netral merilis album terbaru berjudul Kancut dengan single pertamanya yang berjudul I Love You. Album ini cukup sukses dan merebut perhatian anak muda karena membawa angin segar, unik, tetapi memiliki ciri khas Netral yang kental.

Akhir tahun 2003, Netral mengeluarkan video klip keduanya berjudul Namanya Juga Netral. Lagu ini sedikit berbau bossas tetapi disertai lirik yang lucu dan tetap diakhiri dengan hentakan ala Netral yang kencang dan bertenaga. Tembang ini menjadi sesuatu yang baru dan unik bagi pasar musik Indonesia.

Pada tanggal 7 Februari 2005, Netral merilis album ketujuh, dengan materi tujuh lagu dan hanya dicetak 7000 keping CD saja. Dengan produksi terbatas, album ini menjadi persembahan khusus bagi para pecinta musik netral. Dan lebih menjadi khusus ketika mereka menjadi produser album sendiri dan mendirikan label bernama Kancut Record. Pada era ini Netral merilis album Hitam, dengan single pertamanya Haru Biru. Album ini disertai bonus DVD berisi film tentang pembuatan album.

Pada tahun 2005 pula, sekuel album kedelapan Netral berjudul Putih diluncurkan dengan tembang Sorry dan Terbang Tenggelam. Selanjutnya, tahun 2007, album 9th diluncurkan oleh Netral dengan hits single Pertempuran Hati dan Cinta Gila. Tahun 2009, album The Story Of diluncurkan dengan single Garuda di Dadaku dan Hari yang Indah. Tahun 2012, album Unity diluncurkan dengan single Dia dan Senyum, album ini sekaligus menjadi album terakhir dengan menggunakan nama Netral.

Pada tahun 2015, grup musik ini resmi berganti nama menjadi NTRL dan meluncurkan tembang Sakit Jiwa sebagai andalan album 11/12.

Dua tahun lalu NTRL tepat berusia 25, usia itu mereka tandai dengan menggelar konser di I-Six, Kemang, Jakarta Selatan. Ruangan penuh sesak dengan penggemar yang disebut NTRLizer. Moshing dan crowd surfing jadi pemandangan lumrah dalam acara itu.

Setelah sebelumnya bekerja sama dengan beberapa band nasional seperti Koil, The S.I.G.I.T, Deadsquad, Teenage Death Star, dan Jeruji, pada Oktober 2021 brand clothing lokal asal Bandung, JUNIORROCKSTAR menggandeng NTRL untuk berkolaborasi.

返回博客

发表评论

请注意,评论必须在发布之前获得批准。