Mengulik Skena Thrash Metal Lokal

Mengulik Skena Thrash Metal Lokal

 

Thrash metal, atau biasa disebut Thrash adalah salah satu dari sekian banyak sub-genre musik metal. Musik ini ditandai dengan ketukan yang lebih cepat, riff gitar rendah, dan permainan gitar shredding. Band-band besar dunia yang mengusung genre thrash metal, berhasil menggait masa yang cukup militan, Sebut saja Metallica, dan Slayer. Lalu bagaimana dengan Thrash metal lokal?

Mari kita bahas sedikit band-band Thrash metal dari tanah air, baik sesepuh nya ataupun band yang baru muncul kepermukaan.

 

ROTOR

Band legendaris yang menjadi pionir pergerakan musik thrash metal di indonesia, Rotor. Dikutip dari sebuah wawancara dari pendiri band, Irfan Sembiring mengungkapkan bahwa Rotor terbentuk atas dasar kecintaan mereka terhadap band-band thrash seperti metallica, kreator, slayer, dll. Mereka pernah menjadi band pembuka konser metallica di Indonesia 2 hari berturut-turut.

 

SUCKERHEAD

Sucker Head seringkali didapuk menjadi the Godfather of indonesian Thrash Metal. Band ini didirikan tahun 1989 di Jakarta. Yang pada awal nya menjadi band cover Kreator, Slayer, dan band thrash metal lainnya. Lalu kemudian merilis album perdana nya yang berjudul The Head Sucker pada tahun 1995.

 

BONGA BONGA

Unit Thrash metal lucu-lucu asal Jakarta, yang terbilang baru namun dengan wajah lama. Bonga-bonga berisi kan Daniel Mardhany, Coki Bollemeyer, Bonny Sidhrata, Welby Cahyadi, dan Alvin Eka Putra. Mereka mengusung tema warna-warni dan menamai fans mereka dengan nama "Pasukan Party".



METALLIC ASS

Happy metal! Dari nama nya saja sudah terlihat bahwa Metallic Ass adalah versi jenaka dari Metallica. Sebuah realita alternatif jika Metallica di bentuk oleh sekumpulan anak-anak Yogyakarta. Kampanye mereka adalah me masyarakatkan thrash metal dan men-thrash metal kan masyarakat.

 

IRON VOLTAGE

Band Crossover Thrash Metal asal Bandung, yang baru saja merilis album perdana mereka yang bertajuk Devastation. Dengan konsep yang matang, Devastation mendapat respon positif di pasaran. Baru di bentuk pada tahun 2020, Iron Voltage turut serta mewarnai skena Thrash Metal lokal.

返回博客